1.
Jelaskan manfaat Sistem Informasi
Manajemen dalam bidang pemasaran!
Jawab:
·
Dapat membantu Manajer pemasaran untuk
mengetahui trend apa yang sedang ada di dalam masyarakat pada masa kini guna
melakukan promosi yng dapat menarik perhatian konsumen.
·
Dapat membantu kegiatan manager
pemasaran seperti menganalisa hrga secara cepat, tepat, dan akurat.
·
Perusahaan akan selalu memberikan
inovasi baru terhadap produknya serta dapat mengetahui kinerja pesaing
perusahaan lain.
2.
Apa yang kamu ketahui tentang SIM? Dan mengapa
SIM sangat berperan penting dalam sebuah manajemen?
Jawab:
Sistem Informasi
Manajemen merupakan sebuah sistem mesin yang terpadu yang menyajikan informasi berguna untuk mendukung
fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam organisasi
perusahaan.
Sistem Informasi
Manajemen sangat berperan penting dalam sebuah manajemen karena informasi yang
dihasilkan oleh sistem informasi dapat berguna
bagi manajemen dan memeberikan manfaat dalam pengambilan keputusan yang
baik dalam manajemen yang berkaitan terhadap pelaksanaan kegiatan organisasi.
3.
Jelaskan sejarah Sistem Informasi
Manajemen, eksistensinya saat ini dan perkembangannya dimasa depan!
Jawab:
Pada tahun 1964,
komputer generasi baru memperkenalkan prosesor baru dengan Silicon Chip Circuitry,
sebelumnya pada pertengahan abad ke 20 konsep sistem informasi masih
menggunakan kartu punch. Untuk mempromosikan generasi komputer tersebut,
produsen memperkenalkan konsep Sistem Informasi Manajemen dengan tujuan utama
yaitu aplikasi komputer untuk menghasilkan informasi bagi manajemen.
Eksistensinya saat ini
SIM mampu membantu manusia dalam organisasi dengan memberikan informasi guna
memperoleh kepuusan bagi manajemen dalam sebuah perusahaan.Dengan demikian
terciptalah pencapaian tujuan secara teratur dengan langkah-langkah yang di
harapkan manajemen.
Untuk kedepan, SIM di
masa depan pasti akan berkembang semakin canggih. SIM dapat menjadi sistem yang
lebih bermanfaat bagi manusia. Dengan dibantu oleh teknologi yang canggih SIM
akan mempermudah kegiatan yang dilakukan manusia, dan hal ini akan membuat
negara kita semakin maju.
4.
Apa keuntungan dan kerugian dari
pengguaan SIM bagi sebuah perusahaan? Sebut dan jelaskan!
Jawab
:
Keuntungan
a.
Meningkatkan
efisiensi operasional.
Efisiensi operasional membuat perusahaan
dapat menjalankan strategi keunggulan biaya. Dengan menanamkan investasi pada
teknologi sistem informasi, perusahaan menanamkan rintangan untuk memasuki
industri dengan meningkatkan kerumitan teknologi yang di perlukan untuk
memasuki persaingan pasar.
b. Memperkenalkan
inovasi dalam bisnis pengguna ATM
Dalaam perbankan merupakan contoh dari
inovasi teknologi sistem informasi. Penekanan utama dalam sistem informasi
strategis adalah membangun biaya pertukaran kedalam hubungan perusahaan dengan
konsumen.
c. Membangun
sumber sumber informasi
Memampukan perusahaan untuk membangun sumber
informasi strategis sehingga mendapat kesempatan dalam keuntungan strategis.
Kerugian
a.
Dengan adanya kemudahan mebuat
perusahaan mengurangi jumlah tenaga kerja, sehingga terjadi peningkatan
pengangguran dan sedikitnya peluang pekerjaan.
b.
SIM juga membuat manusia menjadi
ketergantungan terhadap teknologi. Maka akan menjadikan manusia mengesampingkan
rasionalisme.
5. Komponen
apa saja yang diperlukan dalam sistem informasi manajemen?
Jawab:
1)
Kompenan SIM secara fungsional:
·
Sistem administrasi dan operasional
·
Sistem pelaporan manajemen
·
Sistem database
·
Sistem pencarian
·
Manajemen data
2)
Komponen SIM secara fisik
·
Perangkat keras (hardware)
·
Perngkat lunak (software)
·
Database
·
Prosedur pengoperasian
·
Personalia Pengoperasian
6. Jelaskan
bagaimana hubungan sistem informasi manajemen dengan fungsi manajemen!
Jawab:
Subsistem
informasi yang terkoordinasi mampu mentrasformasi data sehingga menjadi
informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai
dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria yang ditetapkan.
Kegiatan
utama sistem informasi yaitu, menerima
data sebagai masukan (input) , kemudian di proses dengan perhitungan, dan yang
terakhir memperoleh informasi sebagai keluarnya (output). Fungsi dari manajemen
itu sendiri merupakan kegiatan manajemen yang mempunyai peranan khas dan
bersifat saling menunjang untuk mencapai tujuan awal.
7.
Mengapa dikatakan sistem informasi
akuntansi sebagai bagian terbesar dari sistem informasi manajemen?
Jawab:
Karena
sistem informasi akuntansi berada di berbagai bidang operasional manajemen
organisasi. Sistem informasi akunatansi bisa di katakan subsistem-subsistem
yang bekerja secara harmonis dan saling terkait satu sama lain dan menjadi
sebuah kesatuan informasi yang utuh, yaitu informasi keuangan yang digunakan
manajemen untuk proses pengambilan keputusan di bidang keuangan.
8.
Jelaskan manfaat SIM untuk suatu
perusahaan!
Jawab:
·
Untuk meningkatkan efisiensi dari proses
produksi, meningkatkan produktivitas kerja, memberikan pelayanan dan kepuasan
pelaanggan.
·
Mendukung fungsi dari area bisnis untuk
mencapai tujuan yang mencakup bagian keuangan, akuntansi, operasional,
pemasaran, dan SDM .
·
Sebagai sumber utama informasi dan
mendukung pengambilan keputusan efektif yang diambil oleh manajer dan
professional bisnis.
·
Untuk mengembangkan produk dan jasa yang
kompetitif dan sebagai sebuah keuntungan strategik dalam menghadapi persaingan
global.
·
Sebagai komponen utama dalam sumber daya
infrastruktur dan kehandalan jaringan bisnis masa kini.
9.
Kualitas suatu informasi dipengarui oleh
3 hal, relevancy, accurancy, dan timelinness ,Jelaskan 3 hal tersebut!
Jawab:
a. Relevancy
Informasi di katakan berkualiatas jika
relevan bagi pemakainya. Pengukuran nilai relevansi, akan terlihat dari jawaban
atas pertanyaan “How is the message used for problem solving (decision
masking)?” Informasi akan relevan jika memberikan manfaat bagi pemaikainya.
b. Accurancy
Informasi di katakan akurat jika
informasi tersebut tidak biasa atau menyesatkan, bebas dari kesalahan-kesalahan
dan harus jelas mencerminkan maksudnya. Hal yang mempengarui keakuratan
informasi yaitu: kelengkapan informasi, kebenaran informasi dan keamanan
informasi.
c. Timelinness
Informasi di hasilkan dari suatu proses pengolahan
data “How quickly is input transformed to correct output?” ,datangnya tidak
boleh terlambat. Informasi yang terlambat tidak akan punya nilai yang baik,
sehingga jika digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dapat menimbulkan
kesalahan dalam tindakan yang akan diambil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar